6 Tempat Wisata di Aceh Terbaru dan Paling Menarik

Posted on

Tempat Wisata di Aceh menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa. Meskipun pernah terjadi tsunami besar sehingga terjadi kerusakan, namun Aceh kembali bangkit dan menata sektor pariwisata yang bagus.

Anda yang bertempat tinggal di Aceh dan sekitarnya, bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang recomended.

Pantai Lampuuk

pantai lampuuk

Salah satu Tempat Wisata di Aceh yang digemari banyak wisatawan dalam maupun luar kota yaitu Pantai Lampuuk. Pantai tersebut terletak di desa Meunasah Masjid, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 3.000 saja sebagai tiket memasuki wilayah pantai. Jika dalam waktu sehari dirasa masih kurang, para wisatawan juga bisa menginap di cottage yang ada di kawasan pantai dan menikmati aneka seafood yang dijual di sekitar pantai.

Pantai Lampuuk menyuguhkan pemandangan pantai yang menakjubkan dengan hamparan pasir putih lembut dan tebing karang yang ada di ujung pantai. Pantai ini sangat menarik dan bagus digunakan sebagai latar belakang foto Anda. Tidak hanya itu, para wisatawan juga bisa menggunakan permainan air seperti berselancar, bermain banana boat, berenang, maupun sekedar berjemur saja. Para wisatawan juga bisa menyaksikan upaya pelestarian penyu yang dilakukan oleh pihak pengelola pantai.

Pantai Lhoknga

pantai lhoknga

Pantai Lhoknga terletak di desa Lhoknga, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh. Pantai Lhoknga hanya berjarak sekitar 20 kilometer saja dengan Pantai Lampuuk. Pantai yang berukuran luas menjadikan pantai cocok digunakan untuk bersantai di bawah pepohonan yang rindang maupun sekedar bermain voli di pasir yang luas.

Pantai Lhoknga menyuguhkan hamparan pasir putih dengan paduan pantai biru dan langit yang menawan. Selain berjemur dan berenang di area pantai, wisatawan juga bisa berselancar di pantai Lhoknga. Ombak yang ketinggiannya mencapai 2 meter tentu sangat seru untuk olahraga shurfing. Keindahan pantai tidak sampai disitu saja, karena jika mengunjungi ketika sore hari maka Anda bisa melihat matahari terbenam yang begitu eksotis.

Pulau Mincau

pantai mincau

Pulau Mincau terletak di Teupah Barat, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh. Pesona dari pulau mincau sendiri sudah merebak ke seluruh dunia, sehingga pulau yang satu ini pernah dijadikan sebagai tempat syuting pada salah satu film. Air laut jernih dengan gradasi warna yang yang sesuai mampu meluluhkan hati.

Pulau Mincau menyuguhkan pemandangan indah dari daratan maupun lautan. Wisatawan bisa dengan mudah menyelami pantai dengan air yang bersih dan jernih. Wisatawan juga bisa bermain pasir, berselancar maupun sekedar duduk bersantai memejamkan mata sejenak. Suasana yang tenang dengan udara yang sejuk mampu mendamaikan jiwa.

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Aceh namun tidak mengunjungi Masjid Raya Baiturrahman. Masjid ini berdiri sejak 1612 yang menjadi salah satu objek wisata religi yang ada di Aceh. Masjid raya juga menjadi saksi atas dahsyatnya bencana tsunami dan menjadi salah satu tempat berlindungnya warga Aceh.

Masjid Raya Baiturrahman dibangun oleh Sultan Iskandar Muda yang dikelilingi oleh tujuh menara. Masing-masing tugu menara tersebut ada kubah hitam diatasnya. Adanya kolam besar dengan pancuran seperti Taj Mahal India pada bagian depan masjid menjadikan masjid semakin menakjubkan. Tidak heran jika masjid raya menjadi salah satu masjid terindah dari daftar 100 masjid terindah di dunia.

Museum Tsunami

Museum Tsunami

Peristiwa besar yang terjadi pada tahun 2004 menjadikan pemerintah Aceh berinisiatif mendirikan Museum Tsunami yang isinya mengenai peristiwa tersebut. Museum tersebut terletak di Jalan Iskandar Muda No. 3, Desa Sukaramai, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh. Di dalam museum sendiri terdiri dari beberapa wilayah dimana Anda bisa menyaksikan secara menyeluruh mengenai tsunami yang terjadi pada waktu itu.

Museum Tsunami merupakan museum yang menceritakan berbagai peristiwa tsunami yang terjadi pada tahun 2004. Ada beberapa ruangan yang menggambarkan betapa dahsyatnya bencana tsunami yang terjadi pada waktu itu. Ruangan tersebut seperti lorong tsunami yang menggambarkan bagaimana ketakutan masyarakat Aceh ketika terjadi tsunami. Pada lorong ini Anda akan mendengar suara gemuruh air dan kucuran air sebagai gambaran ketika tsunami datang.

Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam terletak di desa Sidomulyo, Kecamatan Aceh Utara, Provinsi Aceh. Anda hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit saja dari Lhokseumawe. Anda harus menyiapkan tubuh yang fit karena harus melewati 660 tangga yang dipenuhi lumut. Namun perjuangan Anda tidak sia-sia karena semua akan terbayarkan ketika Anda sampai di tempat wisata tersebut.  Untuk memasuki tempat wisata air terjun, wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp. 2.500 saja.

Air Terjun Blang Kolam menyuguhkan air terjun kembar yang tingginya sekitar 75 meter dengan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Wisatawan bisa bermain air, berendam di kolam tampungan air terjun maupun bersantai di tepi air Terjun. Selain itu, wisatawan juga bisa berkemah di sekitar lokasi wisata dengan tarif Rp. 5.000 saja. Anda tidak perlu khawatir mengenai keamanan di lokasi air terjun, karena lokasi wisata tersebut dijamin aman oleh pengelola wisata.

Wisata Sumatera Lainya:

Tempat Wisata di Aceh menjadi tempat liburan menarik bagi Anda bersama rombongan. Jangan lupa untuk membawa kamera terbaik dan abadikan setiap moment Anda. Keindahan wisata air yang luar biasa tidak kalah cantiknya dengan pulau dewata bali. Letak Aceh yang berada di Indonesia bagian utara menjadikan wilayah ini sering dikunjungi oleh wisatawan luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *