Home Wisata Jawa Tengah 6 Tempat Wisata di Banjarnegara yang Terkenal

6 Tempat Wisata di Banjarnegara yang Terkenal

tempat wisata di banjarnegara
foto : https://www.instagram.com/aryadidarwanto/

Tempat wisata di Banjarnegara memang banyak yang tidak asing lagi bagi wisatawan, terutama keindahan Dieng. Jika bepergian ke Jawa Tengah, sebagian besar orang akan menuju wisata alam ini. Namun akhir-akhir ini, banyak sekali tempat baru yang langsung akrab dikalangan wisatawan.

Selain keindahan alamnya, tempat wisata di kota Adem ini memiliki banyak spot foto yang instagramable banget. Perawatan dan keamanan yang selalu ditingkatkan menjadi alasan penuh untuk berkunjung di Banjarnega. Berikut ini beberapa tempat wisata di Banjarnegara yang sangat terkenal di masyarakat.

1. Komplek Wisata Dieng

komplek wisata dieng
foto : https://www.instagram.com/yudan.gabriel/

Pasti kalian semua sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata ini. Dieng adalah salah satu tempat wisata populer di Jawa Tengah. Objek wisata Dieng beralamat di Bakal, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Kamu bisa naik kereta turun di stasiun Purworejo, kemudian dilanjutkan dengan naik bus menuju Wonosobo, dari Wonosobo ke Dieng naik Microbus/minibus.

Tiket masuk kawasan Dieng Rp.10.000,- Namun, akan dikenakan biaya lagi untuk masuk ke objek yang lain. Misalnya tiket masuk ke Candi Arjuna Rp.8.500,- begitupun ke kawasan telaga dan objek wisata yang lain.

Jalan menuju Dieng sudah sangat bagus, sehingga kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik roda 2 atau roda 4. Jika ingin berlama-lama menikmati keindahan alamnya, kamu bisa menginap di home stay terdekat. Harga sewa home stay juga sangat terjangkau, berkisar antara Rp.150.000,-

2. Arung Jeram Serayu

arung jeram serayu
foto : https://www.instagram.com/pipu_let/

Tempat wisata alam Serayu berlokasi di jalan Banjarnegara Km 15, Desa Randegan,Kecamatan Sigaluh , Randegan, Banjarnegara. Buka 24 jam di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Namun hanya melayani pengunjung pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB pada hari Senin sampai Kamis.

Serayu adalah salah satu institusi penyedia jasa layanan adventourism dan kegiatan alam bebas atau outdoor, seperti rafting atau arung jeram. Rafting berlokasi di sungai Serayu dimana termasuk salah satu sungai terbesar di Jawa Tengah. Jika ingin mendapatkan arung jeram yang maksimal, satu kapal terdiri dari 4-6 orang.

Terdapat beberapa paket arung jeram, diantaranya Paket The Pikas/Bojanegara dengan jarak tempuh 14 Km, waktu tempuh 2-3 jam seharga Rp.220.000,- yang kedua yaitu paket Randegan dengan jarak tempuh 16 Km, dengan waktu tempuh 3-3,5 jam seharga Rp.230.000,- Dan paket terakhir yaitu Randegan 16 Km + The Pikas dengan jarak tempuh 28 Km, waktu tempuh 5-6 jam yaitu seharga Rp.360.000,-

3. Bukit Asmara situk

bukit asmara situk
foto : https://www.instagram.com/hayyanggi/

Tempat wisata Bukit Asmara Situk yaitu sebuah bukit dengan beberapa spot foto diatas awan. Selain itu, terdapat juga rumah pohon dan goa yang indah dengan hiasan lampu warna-warni. Akan terlihat sangat romantis ketika malam hari, karena kamu bisa melihat kemerlap kota Banjarnegara.

Objek wisata ini berlokasi di jalan Raya Karangkobar, Kalilunjar, Banjarmangu, Banjarnegara. Lokasi ini tidak jauh dari kota Banjarnegara, sehingga sangat mudah diakses baik kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Buka dari pagi pukul 08.15 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Untuk harga tiket masuk sebesar Rp.5000,-. Sangat terjangkau dong pastinya.

4. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang
foto : https://www.instagram.com/oki_nofianto/

Sikidang yang berarti kijang memiliki arti tersendiri. Kawah ini diberi nama Sikidang karena kawah sering berpindah tempat, biasanya empat tahun sekali. Kawah terbesar di Dieng ini masih aktif, sehingga pengunjung tetap harus berhati-hati.

Lokasi kawah Sikidang yaitu di Bakal Buntu, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara. Harga tiket masuk kawah yaitu Rp.15.000,- Namun, kamu harus membayar tiket masuk kawasan wisata Dieng terlebih dahulu sebesar Rp.10.000,-

Kawasan kawah ini paling ramai dikunjungi, karena akses jalan yang mudah serta dekat dengan objek wisata Dieng lainnya, seperti Candi Arjuna. Wahana dan fasilitas kawah Sidikan juga cukup menarik. Kamu juga bisa merebus telur di kawah tersebut.

5. Surya Yudha Park

surya yudha park
foto : https://www.instagram.com/istdjk/

Selain terkenal dengan hotel yang relatih terjangkau, Surya Yudha juga memiliki wisata air dan area liburan yang banyak diminati wisatawan. Destinasi wisata ini sangat cocok untuk liburan keluarga.

Namun jangan khawatir, wisata air yang memacu adrenalin, cocok untuk semua usia. Terdapat juga beberapa jenis kolam diantaranya kolam arus, kolam ombak, dan kolam olimpik. Para pengunjung juga bisa mencoba seluncur di water boom yang cukup tinggi dan berkelok.

Surya Yudha Part beralamat di jalan Raya Rajasa Km 1, Rajasa, Madukara, Banjarnegara. Buka pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB setiap hari. Harga tiket masuk yaitu Rp.25.000,- untuk orang dewasa, dan Rp.15.000,- untuk anak-anak dengan tinggi kurang dari satu meter. Namun, jika kalian menginap di Hotel Surya Yudha, kalian akan mendapatkan fasilitas gratis di Water park.

6. Alun-alun banjarnegara

alun alun banjarnegara
foto : https://www.instagram.com/septiart_/

Alun-alun Banjarnegara menjadi salah satu ikon wisata ternyaman di Banjarnegara. Wisata outdoor ini dilengkapi dengan ornamen-ornamen yang cukup ikoni untuk mewakili identitas kota Banjarnegara, seperti monumen Dawet Ayu, dimana kota ini terkenal dengan kuliner dawet ayu nya.

Lokasi alun-alun di tengah kota Banjarnegara. Area terbuka ini sangat cocok untuk nongkrong bersama keluarga atau hanya sekedar duduk santai menikmati suasana kota Banjarnegara. Disekitar alun-alun juga terdapat banyak penjual makanan khas daerah Banjarnegara. Sehingga kamu bisa memperhatikan anak-anak bermain di area permainan sambil menyantap makanan favoritmu.

Tempat wisata di Banjarnegara menjadi pesaing baru bagi kota wisata di Indonesia. Keindahan dan keasrian alam memikat wisatawan untuk berkunjung. Akses jalan yang mudah dan harga tiket yang masih terjangkau juga menjadi alasan lain untuk dikunjungi. Kota Ngapak ini menjadi unik dengan apa yang mereka miliki, salah satunya kuliner yang cocok di lidah masyarakat Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here