Home Wisata Jawa Timur 8 Tempat Wisata di Pacitan Asri dan Eksotis

8 Tempat Wisata di Pacitan Asri dan Eksotis

tempat wisata di pacitan
foto : https://www.instagram.com/mufidah.nadia/

Tempat Wisata di Pacitan memang seringkali dicari-cari saat kita liburan ke kita tersebut. Kabupaten Pacitan yang terletak di pesisir selatan Pulau Jawa ini ternyata menyimpan banyak sekali tempat wisata yang indah dan eksotis. Dikelilingi banyak pantai dan pegunungan, membuat pacitan memiliki berjuta pesona bagi pecinta wisata alam.

Kota Pacitan berjarak kurang lebih 270 km dari Ibukota Provinsi Jawa Timur, Surabaya. Lebih dekat jika berangkat dari Kota Solo. Hanya menempuh jarak 100 km sudah tiba di Kota yang memang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah.

Pacitan tidak hanya indah dengan pesona pantai dan pegunungannya. Kota ini merupakan tempat kelahiran Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pacitan memiliki julukan Kota 1001 Goa. Sebab, banyak sekali goa yang ditemukan dan dijadikan tempat wisata di kota ini.

Yuk simak beberapa lokasi yang bisa dijadikan rekomendasi liburan kamu!

1. Goa Gong

goa gong
foto : https://www.instagram.com/arnolens/

Dengan julukan Kota Seribu Satu Goa, tentu wisata yang wajib mengunjungi wisata goa yang ada di sana. Salah satunya Goa Gong. Goa ini merupakan goa terindah se-Asia tenggara.

Di dalamnya terdapat stalagmit dan stalagtit. Stalagtit sedimentasi bebatuan yang berbentuk memanjang dan runcing yang muncul dari dasar goa. Sedangkan batu panjang runcing stalagmit muncul dari atap goa. Hal ini yang membuat Goa Gong sangat eksotis dan mempesona.

Selain stalaktit dan stalagmit, goa ini memiliki beberapa keunikan lainnya. Terdapat tujuh ruangan yang masing-masing terdapat ciri khasnya. Ada sendang bidadari dengan air sangat jernih. Ada pula batu-batu yang jika dipukul berbunyi serupa gong. Inilah kemudian yang mendasari orang-orang memberinya nama Goa Gong.

Dengan kedalamannya yang mencapai 700-800 meter. Goa ini dapat disusuri selama dua jam. Dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB. Lokasinya berada di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Donorejo. Untuk info lebih lengkap, dapat dihubungi via telepon di (0357) 884 535.

2. Goa Luweng Ombo

Goa Luweng Ombo
foto : https://www.instagram.com/ranirebs/

Satu lagi goa yang sangat recommended dan dijamin jarang ditemukan di tempat lain. Pada umumnya goa disusuri dengan cara berjalan lurus saja secara horizontal.

Di Luweng Ombo lain, kita harus menyusurinya dengan cara roping karena Goa Luweng Ombo memiliki kedalaman vertikal. Ketika hendak keluar juga dengan cara climbing, menggunakan peralatan lengkap dan aman. Sangat memacu adrenalin yang suka ketinggian. Wisata yang mengajak kita memasuki ke perut bumi dengan cara yang menantang. Sensasi adventure-nya sangat terasa dan mengesankan. Ingin ke sana? Tenang saja, wisata ini buka setiap hari dari pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Lokasinya terletak di Desa Kalak, Sendang, Donorejo. Untuk info lebih lanjut langsung hubungi di nomor telepon 0813 2650 557.

3. Pantai Banyu Tibo

pantai banyu tibo
foto : https://www.instagram.com/rrchmnt/

Jika anda pernah mengunjungi Pantai Klayar, Pantai Banyu Tibo ini masih satu garis dengannya. Dinamakan Banyu Tibo, karena terdapat air terjun (banyu tibo) di pesisir pantai. Air ini bersifat tawar.

Setelah puas bermain di air laut, pengunjung biasanya membasuh dengan air terjun tersebut. Jika kamu tidak ingin basah, pemandangan disana juga sangat memanjakan mata. Terdapat banyak bebatuan karang di tengah lautan dan pegunungan sangat indah untuk dinikmati. Waktu terbaik mengunjungi pantai ini adalah ketika pagi dan sore hari.

4. Pantai Kasap

pantai kasap
foto : https://www.instagram.com/rifkisyaiful_h/

Satu lagi pantai yang sayang sekali jika dilewatkan. Pantai ini disebut-sebut mirip dengan suasana Raja Ampat, Papua. Pemandangannya sangat indah khas pantai selatan. Deburan ombak yang besar dengan angin laut yang kencang. Pasirnya putih.

Ada gugusan batu-batu karang yang amat cantik di lautan. Cocok sekali untuk background foto. Waktu terbaik adalah ketika pagi atau sore hari. Menikmati sunset dipadukan dengan deburan ombak menghantam gugusan karang. Sangat indah dan mempesona.

5. Sungai Maron

sungai maron
foto : https://www.instagram.com/jangkung___/

Jika Pantai Kasap serupa Raja Ampat, yang satu ini mirip Sungai Amazon di Amerika. Panoramanya sangat asri dan sejuk, khas sungai pedesaan. Panjang sungainya lima kilometer. Butuh waktu 50 menit untuk sekali jalan menyusuri sungai. Ketika sampai di muara sungai kita akan mendapatkan bonus berupa Pantai Ngiroboyo dengan pasir hitam yang menawan.

Lokasinya berada di Desa Dersono, Pringkuku. Dari pusat Kota Pacitan bisa ditempuh waktu selama 45 menit. Setiap hari dapat dikunjungi sejak pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Setiap tahunnya, di sini diadakan lomba dayung. Airnya masih jernih dan menjadi sumber air masyarakat Desa Darsono dan Desa Sendang. Sungai Maron memiliki kedalaman mencapai 20 meter.

Untuk menikmati keindahan alam Amazonnya Pacitan ini, disediakan fasilitas susur sungai oleh warga setempat. Bisa menyewakan perahu sekaligus menjadi guide wisata kita. Biaya sewa perahu hanya Rp100.000 – Rp 150.000 satu perahunya.

6. Grojogan Dhuwur

Grojogan Dhuwur
foto : https://www.instagram.com/hafizh_naufalr/

Jika kamu menginginkan paket komplit, Grojogan Dhuwur jawabannya. Terdapat sungai, goa, dan air terjun. Sungguh perpaduan yang sempurna, satu wisata menikmati sekaligus tiga panorama. Langsung saja datang ke Dusun Barong Kulon, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku.

Kamu bisa menikmati aliran sungai yang tenang dan jernih dihiasi bebatuan yang membuatnya makin asri dipandang. Kamu juga bebas bermain air sepuasnya. Tinggal memilih, di pinggiran sungai atau di bawah grojogan air terjun. Terdapat 3 aliran air terjun di sini. Sangat elok dan eksotis bagi yang suka suasana alami. Selain sungai dan air terjun, kamu juga bisa masuk ke dalam goa yang berada di sekitar grojogan air terjun. Seru sekali, bukan?

7. Bukit Pakis

bukit pakis
foto : https://www.instagram.com/lavikha_variany/

Bagi kamu yang mencari destinasi wisata malam, Bukit Pakis bisa menjadi pilihan yang wajib dicoba. Cocok untuk nongkrong ramai-ramai pada malam hari. Bisa melihat Kota Pacitan dari atas bukit dengan gemerlapan lampunya seperti bintang-bintang.

Nama Bukit Pakis terkenal pula dengan sebutan Bukit Bintang. Lokasinya dekat dengan pusat kota. Hanya 20 menit sudah tiba di sana. kamu bisa mengunjunginya setiap hari sesuka kamu. Namun, waktu terbaik adalah ketika bulan purnama.

Bukit Pakis memang merupakan tempat wisata di Pacitan yang masih tergolong baru. Sehingga belum terlalu ramai pengunjung. Cocok sekali untuk kamu yang menginginkan ketenangan dibalut keindahan gemerlap cahaya.

8. Objek Wisata Pacitan Indah

obyek wisata pacitan indah
foto : https://www.instagram.com/anandaarika/

Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang suka mengambil foto. Di sini disiapkan banyak spot foto hits dan instagramable. Ada gardu pandang untuk menyaksikan landscape elok nan mempesona dari atas. Disediakan pula motor trail untuk dinaiki atau hanya untuk atribut foto.

Selain berfoto-foto, kamu juga bisa bercengkrama dengan banyak burung beo yang telah dilatih fasih berbicara seperti manusia. Lokasinya berada di Jalan Raya Tompak Rinjing, Dadapan, Pringkuku. Setiap hari bisa kamu kunjungi mulai pukul 05.00 – 19.00 WIB. Tiket masuknya sangat terjangkau. Hanya Rp 5.000 per orang sepuasnya.

Menarik, bukan? jadi jangan ragu lagi untuk berkunjung ke tempat wisata di Pacitan ketika sempat singgah di sana. Tentu sayang sekali jika sampai terlewatkan. Selamat berlibur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here