Home Wisata Jawa Tengah 7 Tempat Wisata di Purwokerto yang Terkenal

7 Tempat Wisata di Purwokerto yang Terkenal

tempat wisata di purwokerto
foto : https://www.instagram.com/naufalibnut/

Tempat wisata di Purwokerto yang terkenal adalah wisata Baturaden. Ibu kota Banyumas ini tidak hanya memiliki Baturaden saja. Banyak tempat wisata terkenal yang ramai dikunjungi wisatawan. Sebagian besar objek wisata di Purwokerto adalah wisata alam terbuka, diantaranya air terjun, bukit, hutan pinus, dan alun-alun.

Berikut ini kami rangkumkan 7 tempat wisata di Purwokerto yang terkenal dikalangan wisatawan.

1. Kebun Raya Baturaden

kebun raya baturraden
foto : https://www.instagram.com/rezaefer/

Kebun raya Baturaden baru diresmikan oleh Ibu Megawati Sukarno Putri pada bulan Desember 2015 lalu. Tempat wisata ini tergolong baru, namun sudah terkenal di masyarakat lokal atau kota lain. Yang menjadi ciri khas dari tempat wisata ini adalah konsep Taman Tanaman Pegunungan Jawa yang dilengkapi dengan taman bunga dan beberapa spot foto apik.

Kebun Raya Baturaden atau biasa disingkat menjadi KRB ini, berlokasi di Jalan Pancuran 7, Desa Kemutug Lor, Kecamatan Baturaden. Kawasan ini masih masuk di kawasan lokawisata Baturaden. Hanya berjarak 15 Km dari kota Purwokerto.

KRB buka dari pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB dengan harga tiket masuk hanya Rp.10.000,- saja. Dengan biaya tambahan parkir kendaraan roda 2 Rp.2.000,- dan roda 4 Rp.5.000,-

2. Hutan Pinus Limpakuwus

hutan pinus limpakuwus
foto : https://www.instagram.com/hutanpinuslimpakuwuss/

Layaknya hutan pinus yang lain, Limpakuwus juga menyajikan keindahan deretan pohon pinus yang menjulang. Lokasi ini berada di kaki gunung slamet, tepatnya di desa Limpakuwus, Purwokerto. Objek wisata murah meriah ini dapat juga digunakan untuk berkemah, dengan suguhan pemandangan lampu kota.

Saat ini, pengembangan objek wisata hutan pinus masih terus dilakukan. Sudah tersedia kursi kayu, toilet, warung penjual makanan dan minuman, gazebo, dan beberapa spot foto instagramable seperti ayunan, dan rangkaian bunga berbentuk hati. Kamu hanya butuh membayar Rp.7.000,- untuk tiket masuk.

3. Curug Gomblang

curug gomblang
foto : https://www.instagram.com/valentfun21/

Nah, tempat wisata baru di Purworkerto lain yang terkenal yaitu Curug Gomblang. Curug yang berarti air terjun ini, tidak hanya menyajikan keindahan air yang mengalir deras dari dataran tinggi, tetapi juga sudah tersedia area outbond seperti Tobing Flying Fox. Tersedia juga beberapa spot foto diatas awan yang menampakan air terjun sepenuhnya.

Air terjun Gomblang beralamat di Dusun III, Kalisalak, Kedungbanteng,Purwokerto, Banyumas. Curug Gomblang bisa ditempuh selama 45 menit dari kota Purwokerto. Buka pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Harga tiket masuk yaitu Rp.5.000,-/orang. Akan sangat sedikit mengecewakan jika datang di musim hujan, karena warna air akan coklat, lebih baik berkunjung di musim panas. Selain air yang jernih, medan menuju air terjun juga lebih mudah.

4. Small world Ketenger

Small world Ketenger
foto : https://www.instagram.com/kartikanilawati/

Pengen keliling dunia tapi belum siap dengan biaya yang bengkak? Yuk ke Small World Ketenger aja dulu. Disini kamu bisa berfoto dengan ikon negara-negara di dunia seperti menara Eifel, Menara Condong, bunga Sakura, Twin Tower, dan lain-lain. Selain itu, Small World Ketenger juga dipercantik dengan spot foto kekinian lainnya, seperti rotan raksasa berbentuk hati, dan bunga yang dibentuk persis seperti pelangi.

Miniatur dunia ini berlokasi di Jalan Baturaden Barat No.270, Ketenger, Baturaden, Purwokerto. Buka dari pukul 7 pagi hingga 5 sore. Untuk harga tiket masuk yaitu Rp.20.000,- hari kerja, dan Rp.25.000,- di akhir pekan. Kamu juga bisa menyewa baju tradisional Jepang yang cocok untuk berfoto dibawah pohon sakura.

5. Bukit Agaran

bukit agaran
foto : https://www.instagram.com/gooardian/

Berfoto seolah diatas gunung atau diatas awan saat ini masih populer dikalangan wisatawan. Tidak heran jika wisata baru di Purworejo ini langsung dibanjiri pengunjung setiap harinya. Bukit Agaran memiliki spot cantik cocok untuk siang maupun malam hari. Spot foto tersebut diantaranya berbentuk cakar bumi seperti di bukit Pengger Yogyakarta, miniatur rumah, dan panggung terbuka dengan latar pemandangan pegunungan.

Bukit Agaran berlokasi di Dusun Depok, Melung, Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas. Untuk mencapai bukit, dibutuhkan tenaga untuk jalan kurang lebih 15 menit. Harga tiket juga sangat terjangkau, yaitu Rp.5000,- serta biaya parkir Rp.2000,- untuk roda 2. Jika berkunjung di Bukit Agaran, jangan sampai melewatkan kuliner enak di sekitaran tempat wisata di Purwokerto.

6. Pancuran 7 Purwokerto

pancuran 7 purwokerto
foto : https://www.instagram.com/alfina_ly/

Pancuran Pitu atau Pancuran Tujuh adalah salah satu objek wisata masih dalam kawasam lokawisata Baturaden. Dinamakan Pancuran Pitu karena objek utama tempat wisata adalah tujuh sumber air panas yang bersumber langsung dari gunung Slamet. Air ini cukup panas, sehingga disarankan untuk menggunakan alas kaki. Mitos yang ada yaitu kandungan belerang air baik untuk kesehatan kulit.

Pancuran pitu beralamat di kawasan lokawisata Baturaden, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Banyumas. Buka setiap hari sama hal nya lokawisata Baturaden. Sama dengan pada umumnya, harga tiket mandi di air panas yaitu Rp.5000,- dan untuk tiket masuknya sendiri RP.15.000,- dan dapat berubah dihari-hari besar tertentu.

7. Alun-alun Purwokerto

alun alun purwokerto
foto : https://www.instagram.com/mara_trainer_ahe/

Berkunjung ke Purwokerto tanpa mampir di Alun-alun, akan ada yang kurang. Alun-alun Purwokerto adalah salah satu ikon kota yang paling terkenal. Menjadi salah satu tempat wisata murah meriah di kota ngapa ini. Ciri khas dari alun-alun Purwokerto yaitu air mancur warna warni dan mobil lampu serta wisata kulinernya.

Layaknya kota lain yang memiliki alun-alun, lokasi alun-alun juga berada di tengah kota, sehingga kamu bisa singgah kapan saja. Namun, alun-alun akan terlihat lebih indah dan ramai di malam hari.

Tempat wisata di Purwokerto siap mengalahkan kota wisata lainnya. Ramainya penduduk dan pengunjung dari luar kota, menjadi penyemangat tersendiri untuk terus mengembangkan objek wisata yang ada. Jika mampir di Purwokerto, jangan sampai menyesal karena tidak mencicipi Mendoan atau tempe goreng khas Purwokerto dan Soto Sokaraja serta Getuk Goreng sebagai oleh-oleh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here