Home Wisata Jawa Timur Daftar Tempat Wisata di Trenggalek Yang Paling Indah

Daftar Tempat Wisata di Trenggalek Yang Paling Indah

tempat wisata di trenggalek
foto : https://www.instagram.com/anangfer/

Tempat Wisata di Trenggalek masih sangat jarang diketahui banyak orang. Trenggalek berbatasan langsung dengan samudera hindia dari pantai-pantainya.

Kabupaten ini sebagian besar wilayahnya merupakan pegunungan dengan pantai-pantai yang curam Trenggalek menyimpan banyak keindahan yang mempesona setiap pengunjungnya. Banyak sekali surga tersembunyi di sana.

Yuk, telusuri surga-surga tempat wisata di Trenggalek yang sayang sekali jika terlewatkan.

1. Hutan Mangrove Pancer Cengkrong

Hutan Mangrove Pancer Cengkrong
foto : https://www.instagram.com/arief.f41/

Bagi kamu yang sangat menyukai wisata bahari, Hutan Mangrove Pancer Cengkrong bisa masuk pilihan. Pemandangan disini sangat cantik. Cocok sekali bagi yang akan mengabadikannya dalam gambar digital.

Tak jarang juga ada yang menggunakannya sebagai tempat foto pre-wedding. Karena murah dan suasananya indah. Hanya dengan uang Rp 4.000 sudah mendapatkan tiket masuk untuk satu orang.

Wisata ini menyediakan fasilitas jogging track untuk berjalan sembari menikmati view yang ada. Pada jogging track tersebut ada spot yang disebut Jembatan Galau. Alamatnya berada di Desa Kranggan, Kecamatan Watulimo. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Prigi. Yuk, segera agendakan ke sana!

2. Goa Lowo

Goa Lowo
foto : https://www.instagram.com/kokoian/

Jika di Pacitan terdapat Goa Gong yang merupakan goa terindah se-Asia Tenggara. Maka di Trenggalek memiliki goa terbesar di Asia Tenggara. Panjangnya pun mencapai 2000 meter.

Seperti namanya, Goa Lowo memang goa yang terdapat banyak kelelawar sebagai habitat di dalamnya. Jumlah kelelawar di sana sangat banyak. Ketika masuk pengunjung disambut oleh bunyi-bunyi kelelawar. Merekapun sesekali terbang merasa terganggu. Tetapi tidak akan menyerang pengunjung yang datang.

Selain populasi kelelawar, Goa Lowo memberikan pesona stalagtit dan stalagmit yang membius mata. Sangat bagus untuk berfoto-foto.

Meskipun Goa Lowo merupakan habitat asli kelelawar yang umumnya gelap, namun sudah diterangi oleh lampu disediakan juga arena bermain dan foodcort di dalamnya. Terdapat fasilitas umum yang nyaman, seperti mushola, rest area, dan lahan parkir yang luas.

Biaya tiket masuknya hanya Rp 5.000 untuk anak-anak. Sedangkan untuk dewasa sebesar Rp 7.500. harga tiketnya naik sebesar Rp 2.500 setiap tanggal merah dan hari libur.

Lokasinya terletak di Watu Agung, Watu Limo. Jika berangkat dari pusat Kota Trenggalek berjarak 30 kilometer membutuhkan waktu kurang lebih 40 menit.

3. Goa Ngerit

Goa Ngerit
foto : https://www.instagram.com/ryarahmawati/

Ada satu lagi goa yang bisa kamu kunjungi selain Goa Lowo, yaitu Goa Ngerit. Goa ini berada di Kapak, Desa Senden. Lokasinya dekat dengan pusat kota. jaraknya hanya 20 kilometer, dapat  ditempuh dengan waktu kurang lebih 15 menit untuk sampai ke sana.

Goa ini masih dikelola warga sekitar. Sehingga tidak dikenai biaya tiket masuk. Namun tetap diwajibkan membayar parkir sebesar Rp 3.000. Goa Ngerit bisa menambah daftar goa yang wajib dikunjungi di Kota Trenggalek.

4. Puncak Gunung Prongos

Puncak Gunung Prongos
foto : https://www.instagram.com/dikymons/

Objek wisata Gunung Prengos ini terletak di Desa Timahan, Kecamatan Kampak.tempat ini semula adalah bekas area pertambangan. Dari sisa-sisa tambang ini, terbentuklah batu gamping yang membentuk landscape yang mempesona.

Gunung Prengos ini berada di ketinggian 550 meter di atas permukaan laut (mdpl).  Sehingga pemandangannya dapat dinikmati dari ketinggian sembari berfoto-foto.

5. Pantai Pasir Putih

pantai pasir putih
foto : https://www.instagram.com/elinindri/

Serupa namanya, pantai satu ini memiliki hamparan pasir putih yang indah. Air lautnya pun jernih dan dihias hijau-hijauan bukit-bukit yang menyegarkan. Pantai ini masih satu garis dengan Pantai Prigi

Disediakan fasilitas lengkap, aman dan nyaman untuk pengunjung. Bisa bersantai dan bermain pasir juga basah-basahan air laut bersama kawan-kawan. Bahkan sangat nyaman untuk merebahkan diri di atas permukaan pasir. Pasir yang lembut membuat ingin berlama-lama di sana. Tiket masuknya hanya Rp 5.000 saja.

6. Banyu Nget

Banyu Nget
foto : https://www.instagram.com/pur_16/

Wisata satu ini sangat populer di Trenggalek. Wisata yang dikhususkan untuk edukasi ini sangat cocok dan bermanfaat untuk anak-anak.

Meskipun wisata buatan, Banyu Nget ini  masih terasa sangat alami. Dengan taman bunga dan kebun-kebun buah, nyaman sekali untuk berjalan-jalan bersama orang tercinta. Sangat cocok untuk wisata keluarga.

7. Pantai Prigi

pantai prigi
foto : https://www.instagram.com/rilanovsr/

Pantai populer di Kota Trenggalek ini terletak di Watu Limo, Desa Tasikmadu. Berjarak 50 kilometer dari pusat kota. Buka setiap hari dari pukul 06.00 – 17.00. bagi kamu yang tidak terlalu suka keramaian, disarankan tidak datang saat akhir pekan, karena sangat ramai pengunjung.

Pantai prigi menawarkan wisata budaya yang khas Watu Limo Trenggalek. Wisata ini lain daripada yang lain. Jika ada acara sedekah laut atau sekaten di Jogja, di Trenggalek juga ada tradisi Larung Sembonyo. Tradisi ini sudah biasa dilakukan oleh warga Watu Limo yang dilaksanakan di Pantai Prigi.

Larung Sembonyo ini dilakukan pada hari Ahad Kliwon di Bulan Selo. Tradisi ini dijadikan sebagai persembahan rasa syukur para nelayan akan rezeki yang sehari-hari didapatnya di laut.

8. Hutan Kota

hutan kota
foto : https://www.instagram.com/mikacahyanti/

Wisata ini terletak di pusat kota Trenggalek. Tepatnya 500 meter dari pusat pemerintahan.  Hutan kota ini merupakan hutan ta terbesar di Provinsi Jawa Timur. Orang-orang seringkali menyebut hutan ini dengan singkatan yakni, Huko. Hutan Kota telah dibangun sembilan tahun yang lalu pada tahun 2011.

Pengunjung yang ingin masuk Hutan Kota Trenggalek, tidak dikenai biaya. Meskipun gratis, namun Huko menyediakan berbagai fasilitas yang representatif. Terdapat banyak rest area, arena bermain, dan aneka binatang yang dikandangkan ataupun dilepas bebas.

Ketika pengunjung lapar dan lelah setelah puas bermain, di sisi jalan setapak Huko juga terdapat banyak pedagang yang menyajikan berbagai hidangan.

Trenggalek dengan sejuta pesonanya sangat memikat bukan? Nah, jadi tempat wisata di Trenggalek mana yang akan kamu kunjungi terlebih dahulu? Jangan lupa mengajak teman atau orang-orang tersayang ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here