Home Wisata Jawa Timur 7 Tempat Wisata di Tulungagung Yang Terindah

7 Tempat Wisata di Tulungagung Yang Terindah

tempat wisata di tulungagung
foto : https://www.instagram.com/febrianto_ahmad/

Tempat wisata di Tulungagung belum terlalu banyak yang mengetahuinya. Padahal sebenarnya banyak sekali destinasi indah yang masih tersembunyi. Banyak sekali tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah dan budaya, wisata kuliner, serta wisata buatan.

Jika kamu berkunjung ke Kota Tulungagung, lokasi wisata mana saja yang hendak kamu kunjungi? Atau malahan, sudah pernah berlibur di Tulungagung?

Kota yang terletak pesisir pantai selatan Pulau Jawa ini memiliki banyak sekali destinasi wisata yang tidak kalah menarik dengan kota lainnya. Kota ini berada di Provinsi Jawa Timur, tepatnya di sebelah barat daya Kota Surabaya. Jaraknya sekitar 154 kilometer untuk sampai ke ibukota Provinsi Jawa Timur ini. Tulungagung ini, terkenal dengan penghasil marmer terbesar di Indonesia. Sehingga diberi julukan Kota Marmer atau Kota Keramik.

Yuk, temukan tempat impian wisata kamu di Tulungagung di bawah ini!

1. Wana Wisata Alam Kandung

wana wisata alam kandung
foto : https://www.instagram.com/mamasjahat/

Terdapat wisata alam di wilayah Tulungagung bagian timur, tepatnya di Kecamatan Rejotangan. Wana wisata alam kandung ini menyimpan berbagai pesona yang sayang sekali untuk dilewatkan. Salah satunya adalah grojogan sewu yang terkenal. Selain itu terdapat bangunan cerobong peninggalan zaman Belanda di Bukit Cemenung.

Grojogan sewu ini merupakan air terjun yang berjumlah banyak. Meskipun tidak sampai seribu, namun sangat indah dan menawan. Airnya jernih dan sejuk untuk sekadar membasuh muka atau mencuci tangan dan kaki.

2. Puncak Gunung Budeg

puncak gunung budeg
foto : https://www.instagram.com/mitta_el_amien/

Kamu suka mendaki? Puncak Gunung Budeg ini pas sekali untuk para pecinta gunung yang ingin mendaki puncak yang ringan dan tidak terlalu tinggi. Tingginya hanya 600 meter di atas permukaan laut (mdpl). Hanya membutuhkan waktu dua jam untuk sampai di puncak tertingginya.

Trek pendakian di Gunung Budeg ini cukup terjal dan berbatu. Cukup lelah memang ketika berjalan menanjak menuju puncak. Namun akan terbayarkan ketika mendapatkan keindahan pemandangan yang mempesona.

Ingin segera ke sana? angsung saja datang ke Gunung Budeg yang terletak di Dusun Kendit, Desa Tanggung, Kecamatan Campurdarat. Jangan upa mengajak rekan atau keuarga untuk beribur ya. It’s being memorable!

3. Sentral Kerajinan Industri Marmer

sentra kerajinan marmer tulungagung
foto : https://www.instagram.com/indrokusworo/

Wisata yang satu ini, berbeda dengan yang telah disebutkan sebelumnya. Bagi kamu yang suka mengoleksi benda-benda unik? Tempat ini bisa jadi pas untuk kamu. Kerajinan-kerajinan berbahan dasar marmer menjamur di sini. Tinggal melihat, memilih, lalu memboyongnya ke rumah. Jangan lupa juga membeli oleh-oleh untuk orang terkasih di rumah.

Karena sudah biasa diekspor ke luar negeri, kerajinan marmer di sini sudah standar internasional. Sehingga tidak perlu khawatir akan kualitas yang diberikan.

Mudah saja memesan dan melihat barangkali ada yang cocok, datang langsung ke Jalan Gamping KM 5 Gang 10, nomor 50 Campur Dadrat. Untuk pemesanan ataupun menginginkan info lebih lengkap, isa juga dihubungi via seluler di 0812-3497-5533.

4. Ranu gumbolo

ranu gumblolo
foto : https://www.instagram.com/fathur_r4/

Ranu Gumbolo, jangan sampai salah baca ya! Wisata satu ini memang disebut-sebut memiliki suasana yang mirip dengan danau gunung semeru, Ranu Kumbolo. Namun tentu tetaplah berbeda.

Jika di Ranu Kumbolo masih sangat asli dan minim fasilitas, di sini tidak demikian. Dengan suasana yang masih sangat asri dan alami, di wisata Ranu Gumbolo disediakan fasilitas wisata yang lengkap. Terdapat speedboat, kolam pemancingan dan arena bermain untuk anak-anak.

Masuknya cukup membayar Rp 3.000 per orang. Namun untuk menikmati berbagai wahana yang ada, seperti naik speedboat dan memancing dikenai biaya lagi. Lokasinya berada di Jalan raya Waduk Wonorejo, Wilis.

5. Candi Boyolangu

candi boyolangu
foto : https://www.instagram.com/bellanandra/

Wisata satu ini membawa kita mengenal kembali cerita dari masa lampau. Candi Boyolangu merupakan salah satu situs sejarah di Kota Tulungagung. Situs ini adalah peninggalan Kerajaan Majapahit. dalam sejarah, candi ini dibangun oleh Hayam Wuruk ketika masa pemerintahannya. Yang konon dibangun untuk menghormati sekaligus sebagai tempat peristirahatan terakhir Putri Gayatri. Itulah mengapa sebagian orang juga menamakannya dengan Candi Gayatri.

Pada tahun 1914 M Candi Boyolangu ditemukan terpendam di dalam tanah. Kompleks candi ini terdiri dari tiga bangunan perwara. Suka dengan sejarah? Langsung saja kunjungi Candi Boyolangu di Desa Boyolangu, Kecamatan Boyolangu.

6. Jambooland Waterpark

Jambooland Waterpark
foto : https://www.instagram.com/aliqul_safik/

Jika bahasan di atas telah disebutkan beberapa wisata alam, sejenak beralih ke wisata buatan. Wisata satu ini cocok sekali untuk berwisata bersama keluarga. Jambooland Waterpark merupakan salah satu tempat wisata di Tulungagung yang cukup populer.

Sesuai namanya, Jambooland Waterpark merupakan waterpark atau wahana air. Meliputi kolam renang, seluncuran, waterboom dan lain-lain.

Jambooland Waterpark merupakan wahana bermain air yang seru dan modern. Selain kolam untuk mandi dan bermain, disini juga disediakan wahana rollercoaster. Sangat bisa untuk kamu yang ingin memacu adrenalin sebelum atau sesudah basah-basah bermain air.

Tidak hanya itu, Jambooland Waterpark juga menyediakan fasilitas umum yang representatif. Yaitu, lahan parkir luas dan suasana yang bersih. Disediakan juga foodcort yang menyajikan makanan enak dan murah.

Cukup merogoh kantong untuk tiket masuk sebesar Rp 35.000 kamu sudah dimanjakan berbagai wahana. Jambooland Waterpark sudah mulai buka pukul 08.00 – 16.00 WIB. Alamatnya mudah ditemui, karena dekat dengan Pasar Ngemplak. Tepatnya di Jalan Raya Srabah No. 1.

7. Pantai Kedung Tumpang

pantai kedung tumpang
foto : https://www.instagram.com/dhennisputra/

Biasanya pantai yang indah adalah pantai yang memiliki pasir putih di sepanjang garis pantainya. Pasir hitam kurang menarik. Namun, jangan salah. Meskipun Pantai Kedung Tumpang ini tidak memiliki pasir putih sesuai dambaan kita, namun punya yang lebih menawan.

Di pantai ini terdapat tebing-tebing karang yang indah bentuknya karena kikisan ombak. Tebing-tebing tersebut diantaranya membentuk kolam-kolam cantik yang berisi air berwarna biru. Pengunjung dapat menikmati berendam di kolam-kolam cantik itu sambil berjemur merilekskan diri.

Lokasinya berada di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban. Untuk masuk ke Pantai kedung Tumpang, tidak dipungut biaya untuk tiket masuk. Tapi dikenai parkir Rp 5.000 untuk sepeda motor.

Seru bukan jika di antara tempat wisata di Tulungagung yang telah disebutkan di atas dapat dikunjungi suatu hari nanti? Atau ingin segera saja ke sana?

Indonesia memang surganya wisata. Tidak percaya? Yuk, buktikan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here