Home Wisata Jawa Tengah 6 Tempat Wisata Hits di Banyumas

6 Tempat Wisata Hits di Banyumas

Tempat wisata di Banyumas
foto : https://www.instagram.com/thevillagepurwokerto/

Tempat wisata di Banyumas sebagian besar menonjolkan keindahan alamnya, seperti gua, air terjun, dan wana wisata. Kota Nagasari ini berkembang sangat pesat di bidang pariwisata dan kuliner. Tempe mendoan masih menduduki nomor teratas paling dicari lalu Gethuk Goreng.

Banyaknya tempat wisata baru dan hits, menambah pemasukan daerah dan masyarakat sekitar. Tempat wisata juga dikembangkan sesuai dengan model dan konsep yang kekinian. Berikut ini beberapa tempat wisata yang sangat hits baru-baru ini.

1. Lokawisata Baturraden

lokawisata baturaden
foto : https://www.instagram.com/hermawan.tribu/

Lokawisata Baturraden adalah salah satu lokawisata alam di kaki Gunung Slamet yang memiliki fasilitas terlengkap. Fasilitas tersebut diantaranya wisata air seperti kolam renang, sepeda air, seluncur air, pemandian air panas, dan air mancur yang meluncur cukup tinggi.

Selain itu, pengunjung juga disuguhi dengan beberapa penampilan seni daerah lokal, salah satunya kuda lumping. Wahana anak juga cukup lengkap seperti odong-odong, kereta putar, bioskop 4 dimensi, dan teater alam yang berupa pesawat milik Garuda Indonesia yang bisa dinaiki oleh pengunjung.

Lokasi Baturraden sendiri yaitu di Karangmangu, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas. Buka setiap hari dengan harga tiket masuk sama di weekday dan weekend yaitu Rp.14.000,- dan untuk memasuki objek wisata lain di dalam kawasan Baturraden dikenakan biaya tiket masuk lain.

2. Curug Cipendok

curug cipendok
foto : https://www.instagram.com/vivin.windari/

Banyumas memiliki lebih dari 10 objek wisata alam air terjun, salah satunya yaitu Curug Cipendok. Air terjun yang cukup tinggi serta akses jalan yang mudah menjadi salah satu alasan banyaknya pengunjung yang datang. Selain itu, jalan yang berkelok menjadi spot foto menarik layaknya di luar negeri. Taman bunga di sekitar curug menambah kesan romantis tempat wisata ini.

Curug Cipendok bertempat di Karang Tengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Sudah tersedia akun sosial media seperti Facebook dan Instagram yang akan membantu kamu mencari informasi tentang tempat ini. Untuk harga tiket masuk yaitu Rp.10.000,- setiap harinya.

3. Small World Miniatur Dunia

Small World Miniatur Dunia
foto : https://www.instagram.com/chomariasyifa/

Gak perlu keliling dunia dulu untuk sekedar berfoto di ikon terkenal di setiap negara. Saat ini, Banyumas sudah memfasilitasi objek wisata dengan miniatur dunia seperti Menara Eifel, Menara Condong, Twin Tower dan banyak lainnya. Kamu juga bisa berfoto di bawah pohon sakura mengenakan Kimono. Jadi, terasa banget kan sedang berada di Jepang.

Harga tiket masuk tidak sebesar harga tiket pesawat kok. Hanya butuh mengeluarkan uang Rp.20.000,- kamu sudah bisa berfoto disana. Ikon dunia ini milik Banyumas, lebih tepatnya di Jalan Raya Baturaden Barat No.270, Ketenger. Baturaden, Purwokerto. Buka setiap hari dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

4. The Village Purwokerto

The Village Purwokerto
foto : https://www.instagram.com/thevillagepurwokerto/

Ini dia wajah tempat wisata baru di Banyumas, tepatnya di ibu kota Banyumas, Purwokerto. Lokasinya tidak terlalu luas namun memiliki bangunan yang keren banget ala Eropa. Dari depan sudah terlihat mencolok bangunan besar dengan tembok batu bata yang memberi kesan klasik. Bagian dalam terdapat taman bunga dan beberapa gedung ala Barat serta dilengkapi dengan miniatur kapal kayu yang megah.

Lokasinya tidak jauh dari kota Purwokerto, yaitu di jalan Raya Baturraden KM.07, Rempoah, Baturraden, Kabupaten Banyumas. Buka dari pukul 9 pagi hingga pukul 9 malam. Untuk harga tiket masuk di weekday sebesar Rp.10.000,- dan weekend Rp.18.000,- Kesan lebih mewah lampu orange akan didapat ketika malam hari.

5. Caping Park

caping park
foto : https://www.instagram.com/regiekristw/

Caping adalah salah satu topi tradisional yang biasa digunakan oleh petani Indonesia. Konsep wisata di Caping Park beda dari yang lain meskipun tetap menjadikan landscape kota Purworejo sebagai latarnya. Tidak hanya petani yang boleh menggunakan Caping, tapi semua pengunjung di Caping Park bisa menggunakannya.

Terdapat beberapa binatang yang bisa menjadi wahana belajar anak-anak. Kamu juga bisa memberinya makan. Yang menjadi ciri khas dari objek wisata ini yaitu Jembatan Kaca sepanjang 16 meter dan lebar 2,5 meter dengan ketinggian lebih dari 20 meter, dengan latar kota Purwokerto. Jembatan tersebut menjadi salah satu tempat wisata di Banyumas yang unik.

Jembatan Kaca Caping Park ini terletak di Jalan Raya Baturraden Barat, KM.08 Baturraden, Banyumas. Tempat wisata yang memiliki slogan “Bermain, Berlibur, Belajar” ini buka setiap hari pukul 08.00 – 18.00 WIB. Tiket masuk weekday Rp.20.000,- dan Rp.25.000,- diakhir pekan.

6. Alun-Alun Banyumas

alun alun banyumas
foto : https://www.instagram.com/maynov_10/

Ikon kota Banyumas ini jangan sampai terlewatkan di list liburanmu. Belum ke Banyumas rasanya jika tidak berfoto di alun-alun ini. Miniatur pesawat menjadi spot terfavorit untuk menjadi latar foto yang menunjukan kamu di Banyumas. Selain itu, kursi taman dan bunga warna-warni juga memberikan kontribusi mempercantik ikon kota Burung Trocokan ini.

Lokasi alun-alun di tengah kota Banyumas lebih tepatnya di Jalan Pramuka, Desa Sudagaran, Banyumas Jawa Tengah. Disekitar alun-alun juga sudah terdapat penjual makanan yang cukup bersih. Kamu bisa duduk santai di alun-alun sambil menikmati kuliner Banyumas.

Kawasan alun-alun akan sangat ramai di Sabtu malam atau malam Minggu. Jadi, kamu harus berangkat lebih pagi agar mendapatkan tempat duduk.

Tempat wisata di Banyumas mana yang belum kamu kunjungi? Tentunya yang masih menjadi penasaran yaitu Caping Park, karena tempat wisata ini tergolong baru dengan konsep yang kekinian. Terdapat lebih dari 10 spot foto yang menarik untuk menambah koleksi feed instagram mu.

Selain itu, kamu juga harus mampir di Wisata Kuliner Pasar Manis. Disana tersedia berbagai macam makanan dan minuman khas Banyumasan. Mulai dari tempe mendoan yang sangat nikmat dihidangkan saat panas, Soto Sokaraja dengan rasanya yang khas hingga oleh-oleh Gethuk Goreng untuk keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here