Tempat Wisata Malam Jambi Yang Mempunyai View Mempesona

Posted on

Ada beberapa tempat wisata di Jambi yang sangat eksotis jika dilihat pada saat malam hari. Pesona wisata tersebut pun sejenak menjadikan Jambi seperti suasana malam di luar negeri.

Hal tersebut sontak menjadi pemandangan yang penuh dengan daya tarik wisatawan. Tempat tersebut juga menjadi ikon kebanggaan dari Jambi sendiri.

Gentala Arasy Tower / Tugu Museum Arasy

Gentala Arasy merupakan sebuah museum budaya yang mempunyai konsep islami yang sangat kental. Museum tersebut merupakan simbol dari agama islam kota Jambi. Semua saksi tentang perjalanan penyebaran agama islam di Jambi tersedia dengan lengkap di museum tersebut.

Tokoh agama islam atau ulama besar yang mempunyai pengaruh besar memang sengaja menghibahkan beberapa koleksi islami pada museum tersebut. Beberapa lembaga agama islam pun juga turut serta dalam kontribusi museum. Beberapa koleksi museum juga sengaja dibeli oleh pengelola museum.

Hal yang menarik dari museum tersebut adalah Tugu museum Arasy. Pada siang hari, tugu tersebut terlihat sangat biasa dan tidak ada hal istimewa. Hanya sebuah tugu yang terdapat tulisan semboyan kota Jambi. Namun pada malam hari tugu tersebut memancarkan cahaya warna – warni yang menghiasi museum ketika gelap.

Gentala Arasy Bridge / Jembatan Gentala Arasy

menara gentala arasy

Jembatan ini berlokasi tidak jauh dari museum Gentala Arasy. Pelopor dari pembangunan jembatan tersebut memang didominasi oleh pengelola museum. Total anggaran pembangunan jembatan tersebut mencapai ±80 miliar rupiah. Dengan dana yang cukup fantastis tersebut membuahkan hasil yang sangat sempurna.

Jembatan yang berada di tepat depan Gentala Arasy Tower juga mempunyai suasana yang menakjubkan pada malam hari. Jembatan tersebut akan memancarkan cahaya warna warni lampu. Jembatan yang merupakan penghubung dari sungai Batang Hari mempunyai 2 buah jalur yaitu jalur pejalan kaki dan kendaraan bermesin. Dengan adanya jalur pedestrian, dapat memuaskan diri untuk menelusuri sudut keindahan dari Jembatan tersebut.

Lokasi dari Gentala Arasy Bridge berada di kel Arab Melayu, Pelayangan, Jambi. Baik jembatan maupun tugu merupakan tempat umum. Sehingga tidak perlu mengeluarkan kontribusi apapun untuk menyaksikan ikon Kota Jambi tersebut. Namun jika hendak mengunjungi museum, akan dikenakan biaya kontribusi.

Tugu Juang Sipin / Juang Sipin Tower

tugu juang sipin

Tugu Juang Sipin adalah sebuah monumen untuk mengenang perjuangan kemerdekaan yang telah berhasil diperjuangkan pada 17 Agustus 1945. Sayangnya hari proklamasi tidak diizinkan dan diakui oleh Belanda. Sehingga Belanda melakukan serangan agresi militer 2, pada 1946. Tepat di monumen tersebut merupakan lokasi dari terjadinya serangan agresi militer.

Pada bagian atas tugu terdapat patung laki – laki dengan membawa bambu runcing. Patung tersebut merupakan ilustrasi dari perjuangan rakyat. Sedangkan bambu runcing merupakan senjata yang digunakan untuk menyerang.

Pada malam hari, tugu Juang Sipin akan memancarkan cahaya bersama dengan refleksi kolam dengan air mancur. Suasana malam di sekitar tugu pun tidak terasa sunyi senyap. Namun berubah menjadi suasana yang cukup menakjubkan dengan hiasan tugu penuh warna tersebut. Tugu Juang tersebut terletak di Jl HOS Cokroaminoto, Selamat, Telanaipura, Jambi.

Tugu Pers / Jambi Pers Tower

tugu pers

Selain tugu Juang, di Jambi juga terdapat tugu yang tidak kalah eksotis dari Juang Sipin Tower. Monumen tersebut ialah tugu Pers atau Jambi Pers tower. Monumen tersebut terletak di Jl Sultan Agung, Lb Bandung, Ps Jambi, Jambi.

Tugu Pers tersebut dibangun pada Februari 2012. Bentuk tugu menyerupai bolpen yang dikelilingi oleh mimbar. Ilustrasi tersebut menggambarkan tujuan dari didirikannya tugu tersebut. Tujuan dari pembangunan tugu Pers untuk memperingati kebebasan pers, khususnya di Jambi.

Daerah sekitar tugu selalu ramai dengan pengunjung dan pedagang kaki lima. Tempat tersebut juga dijadikan sebagai tempat nongkrong.

Hal yang menarik dari tugu tersebut adalah view pada malam hari. Sebab tugu tersebut juga akan memancarkan cahaya warna warni yang sangat mempesona.

Jambi Paradise

Tempat wisata di Jambi ini merupakan sebuah taman yang populer dan harus dikunjungi. Lokasi Jambi Paradise terletak di Ds Talang Belido Kebon IX, Simpang Acai, Sungai Gelam, Kota Jambi. Taman ini mendapat julukan sebagai The real Jambi Paradise.

Tempat ini merupakan taman air yang menyajikan view yang sangat menakjubkan baik pada pagi hari maupun malam hari. Setiap sudut taman adalah spot yang sangat menarik dengan desain unik. Pada siang hari akan terlihat jelas kondisi desain setiap sudut taman. Sedangkan pada malam hari taman akan dihiasi cahaya warna warni yang menyesuaikan dengan desain taman.

Fasilitas yang tersedia di Jambi Paradise sangat kompleks, seperti sewa sepeda, perahu, speed boat, spot foto menarik, gazebo, wahana outbound dan lain – lain. Sedangkan biaya kontribusi cukup murah hanya sebesar 20.000 IDR.

Jembatan Beatrix Sarolangun / Beatrix Sarolangun Bridge

Jembatan satu ini juga merupakan cahaya bagi kota Jambi pada malam hari. Jembatan yang merupakan penghubung sungai Batang Asai mempunyai desain cukup mempesona seperti sebuah gelombang. Pancaran gelombang tersebut lebih jelas pada malam hari dengan pancaran cahaya warna warni.

Untuk lokasi dari Jembatan Beatrix Sarolangun berada di Ds Sri Pelayang, kel Sarkam, Sarolangun, Jambi. Untuk dapat menyaksikan pesona jembatan dapat dilihat dari tepi sungai Batang Asai.

Wisata Sumatera Lainya:

Itulah 6 tempat wisata di Jambi yang paling mempesona ketika malam hari. Dengan adanya tempat tersebut dapat memberikan warna pada kota Jambi. Selain itu juga menjadikan daya tarik Jambi dalam bidang pariwisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *